Burung Jalak Putih – Ciri, Makanan Dan Perawatan Sehari Hari

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan dunia burung kicau mulai dari harga dan perawatan harian yang mungkin Anda butuhkan, Burung Jalak Putih – Ciri, Makanan Dan Perawatan Sehari Hari.

Ciri, Makanan Dan Cara Merawat Jalak Putih – Siapa yang tidak kenal dengan burung jalak. Bagi para kicau mania burung yang satu ini sering digunakan dalam berbagai perlombaan atau sekedar koleksi karena memiliki suara sangat merdu dan bulu yang indah. Burung jalak di Indonesia juga memiliki banyak jenis mulai dari Jalak putih, Jalak kerbau Jalak suren, Burung Jalak Bali dan masih banyak lagi.

Burung ini merupakan hewan asli Indonesia yang bisa kita jumpai di hutan-hutan di daerah Pulau Jawa, Pulau Sumatera, Kalimantan, Madura, Sulawesi sampai Pulau Bali. Sebagai salah satu burung kicau yang memiliki suara merdu burung jalak juga dikenal cukup cerewet dan bahkan selalu berbunyi sepanjang hari.

Dari sekian banyak jenis burung jalak yang ada di Indonesia, burung jalak putih dianggap paling istimewa karena memiliki kelebihan-kelebihan lain yang tidak terdapat pada saudara-saudaranya. Jika anda ingin memelihara burung jalak putih ada beberapa tips sebelum berniat untuk membelinya.

1. Ciri-ciri Jalak Putih

Ciri-ciri burung jalak putih sangatlah mudah dikenali yaitu hampir di sekujur tubuhnya berwarna putih bersih sehingga terlihat sangat cantik, sedangkan untuk bagian paruh kulit di sekitar mata, dan kaki berwarna kuning gading. Kemudian untuk bagian kepala, bagian tenggorokan, bagian perut dan di bawah ekor berwarna putih terang.

Warna hitam hanya ditemukan di bagian tengah sayap hingga bagian ujung sayap saja, Selain itu pada bagian tengah punggung sampai ke ekor. Bila sayap burung jalak putih sedang menutup, biasanya akan terlihat warna putih pada bagian ujung sayap yang menempel di pangkal ekor.

2. Makanan Jalak Putih

Cara merawat burung jalak putih tidaklah susah karena makanan utamanya mudah dijumpai seperti serangga, biji-bijian dan buah-buahan. Namun anda juga bisa menambahkan makanan lain yang bergizi tinggi misalnya voer, jangkrik dan kroto serta tidak lupa buah-buahan dan biji bijian seperti pisang dan pepaya.

Sedikit tips untuk anda yang ingin memelihara indukan burung jalak putih ini yaitu harus memberikan makanan ekstra seperti jangkrik sebanyak 20 ekor setiap hari dan beberapa makanan tambahan lain yang bisa anda berikan dalam 3 hari sekali.

Tetapi apabila sudah terbiasa dengan makanan kroto, biasanya burung indukan jalak putih tersebut diberikan 4 sendok makan kroto setiap hari atau 3x dalam seminggu.

3. Perawatan sehari-hari

Untuk memberikan kenyamanan bagi si burung lebih baik tempatkan jalak putih tersebut di kandang dengan ukuran yang cukup besar supaya bisa terbang dengan lincah dan tidak stress. Anda juga bisa menambahkan beberapa ranting pohon atau pohon kecil di dalam kandang tersebut untuk memberikan kesan alam liar. Jangan lupa berikan tempat air untuk minum dan juga mandi bagi burung tersebut.

Apabila ditujukan untuk dibudidayakan, sebaiknya menyediakan kotak tambahan dengan ukuran minimal 30x30x40 di dalam kandang.

4. Tips Menjodohkan Burung Jalak Putih

Proses penjohohan tidak boleh dilakukan secara sembarangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti faktor usia minimal 1,5 tahun untuk jantan dan 1 tahun pada betina. Langkah pertama silahkan dekatkan kedua sangkar antara betina dan jantan untuk melihat respon, setelah dirasa cocok baru gabungkan menjadi satu dalam sangkar dan biarkan selama beberapa hari.

Source:

jalak putih,jalak,burung jalak putih,jalak putih palsu,makanan jalak putih,perawatan jalak putih,cara merawat jalak putih,jalak putih gacor,cara merawat burung jalak putih,makanan burung jalak putih

Burung Jalak Putih – Ciri, Makanan Dan Perawatan Sehari Hari | Tia Nanda | 4.5