Cara Merawat Kelinci dengan Baik dan Benar

Kelinci adalah salah satunya pilihan hewan peliharaan yang menggemaskan. Dahulunya kelinci terhitung hewan liar yang hidup di Afrika sampai daratan Eropa. Di Indonesia, kelinci datang dari bahasa Belanda, yakni konijntje yang bermakna “anak kelinci”. Ini tunjukkan jika kelinci dibawa ke Indonesia dengan pemerintah kolonial.

Dari catatan riwayat, kelinci pertama-tama dibawa ke tanah Jawa oleh beberapa orang dari Belanda pada tahun 1835 jadi ternak hias. Tetapi Indonesia rupanya memiliki spesies kelinci sendiri. Spesies kelinci ini bisa didapati di Pulau Sumatera yakni kelinci sumatera (Nesolagus netscheri). Spesies ini baru diketemukan pada tahun 1972.

Kelinci ialah hewan peliharaan yang unik. Mereka mempunyai keperluan spesial untuk jalani hidup yang panjang, bahagia serta sehat. Biasanya usia kelinci sampai 5 sampai 10 tahun serta dapat lebih.

Baca : kelinci hias

Seperti hewan peliharaan yang lain, pelihara kelinci memerlukan persiapan serta pengetahuan yang cukup. Kelinci mungkin gampang di cintai, tapi mereka tidak segampang itu dirawat. langkah menjaga kelinci memang sulit susah mudah.

Nah bila Anda tertarik untuk jadikan kelinci jadi hewan peliharaaan, sebaiknya Anda tahu langkah menjaga kelinci secara baik supaya kelinci bisa berusia panjang. Berikut langkah menjaga kelinci secara baik

Pilih kandang
Sediakan kotak kotoran
Makanan imbang

Banyak permasalahan kesehatan pada kelinci dikarenakan oleh makanan yang tidak sesuai fisiologi pencernaan mereka. Makanan fundamen kelinci harus terbagi dalam makanan berikut:
– Rumput jerami
– Sayuran
– Buah serta cemilan
– Pelet
– Air
Makanan yang Harus Dijauhi
Langkah Menggenggam Kelinci
Memelihara Lebih dari Satu Kelinci

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *