Harga Burung Derkuku / Tekukur Terbaru Oktober 2017

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan dunia burung kicau mulai dari harga dan perawatan harian yang mungkin Anda butuhkan, Harga Burung Derkuku / Tekukur Terbaru Oktober 2017.

Burung Tekukur – Bagi para penggemar burung kualitas suara adalah yang paling utama. Apalagi jika akan digunakan untuk kontes atau perlombaan maka wajib memiliki kicauan yang nyaring dan merdu. Ada banyak sekali burung kicau yang sering digunakan seperti jalak, kenari, dan masih banyak lagi.

Namun untuk nama burung derkuku tetap menjadi yang paling legendaris dan sudah menjadi andalan para penggemar burung sejak puluhan tahun lalu. Burung ini memiliki bentuk tubuh yang cukup besar dan sekilas justru mirip seperti dara, hanya saja suara dari burung derkuku lebih nyaring dan bentuk tubuhnya pun juga lebih ramping.

Sayangnya karena sekarang sudah tidak lagi populer membuat harga dari burung derkuku / tekukur semakin jatuh dipasaran, meskipun begitu tetap banyak penggemar burung yang menyukai derkuku terutama bagi masyarakat pedesaan. Perawatannya pun juga cukup mudah dan tidak memerlukan makanan khusus.

Baca juga : Harga Burung Gagak Terbaru

Cara Menjodohkan Derkuku

Nah untuk mendapat keturunan burung derkuku yang berkualitas dengan suara merdu ada beberapa tips atau cara menjodohkan. Ternyata menjodohkan burung derkuku bukanlah hal yang sulit dan tidak ribet. Berikut cara menjodohkan derkuku :

  1. Pilihlah burung puter pelung betina dan burung derkuku jantan yang dewasa, siap kawin.
  2. Mandikan keduanya hingga basah.
  3. Kedua burung disatukan dalam sangkar, lalu dijemur di panas matahari dengan diberi makanan dan minuman secukupnya.
  4. Setelah bulu burung-burung tersebut kering, keduanya diberi BirdMature kapsul (bisa dilihat di sini untuk mengetahui fungsi dan pemakaiannya) dengan cara disuapkan. Masing-masing diberi satu kapsuL dan dipastikan telah tertelan sampai ke tembolok.
  5. Keduanya dimasukan ke dalam sangkar kecil, lalu dikerodong dengan kain atau kertas koran. Dalam sangkar kecil ini disediakan makanan dan minumam untuk dua hari.
  6. Biarkan kedua burung berada dalam sangkar tersebut selama dua hari.
  7. Pada hari berikutnya sangkar tertutup yang berisi dua burung dijemur di panas matahari selama satu setengah jam.
  8. Setelah dijemur selama satu setengah jam, kedua burung dimasukkan ke kandang penangkaran yang telah disiapkan.
  9. Dalam waktu tujuh hari burung betina pasti sudah menampakkan tanda-tanda akan bertelur.

Kandang penangkaran dan perlengkapannya

Nah jika pengen punya burung derkuku / tekukur yang berkualitas maka harus punya kandang yang baik dan steril, berikut kandang yang baik bagi burung derkuku :

  1. Lokasi kandang penangkaran harus bebas dari segala gangguan kebisingan yang dapat mengakibatkan burung stres.
  2. Kandang penangkaran harus memperoleh sinar matahari yang cukup.
  3. Kandang penangkaran harus senantiasa bersih dan tidak dapat dimasuki oleh binatang-binatang pengganggu seperti tikus dan kucing.
  4. Kandang penangkaran tidak perlu terlalu luas. Idealnya berukuran panjang 2 m, lebar 1 m, dan tinggi 1,8 m. Meskipun dcmikian, dengan ukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm pun sebenarnya derkuku sudah mau berkembang biak. Bahkan, ada sebagian peternak yang memilih kandang penangkaran berukuran kecil karena anak-anak derkuku dapat lebih jinak.
  5. Tersedia tempat atau sarang untuk bertelur dengan baik. Sarang sebaiknya dari daun pinus atau cemara yang kering.
  6. Di dalam kandang tersedia makanan dan minuman yang cukup juga perlu disediakan pula grit (tuinbukan kulit kerang) untuk membantu pemenuhan zat kapur bagi burung yang bertelur.

Baca juga : Harga Burung Trucukan Terbaru

Ketika derkuku mulai bertelur, mengeram, dan telurnya menetas

Setelah burung derkuku dilakukan perjodohan kemudian si betina akan membangun sarang untuk bertelur, biasanya derkuku akan bertelur sebanyak 2 butir dan akan dierami selama 14 hari. Namun biasanya anak dari derkuku yang menetas banyak jantan daripada betina, berikut cara memelihara burung derkuku saat masa eraman supaya tidak mudah mati :

  1. Telur diambil dan ditetaskan pada pasangan burung puter. Selanjutnya pengasuhan anak derkuku diserahkan kepada pasangan burung puter tersebut sampai piyik tersebut dapat makan sendiri.
  2. Telur ditetaskan oleh induk derkuku. Setelah anakan berusia lima hari pengasuhannya diserahkan kepada pasangan burung puter sampai piyik derkuku tersebut dapat makan sendiri dan tidak tergantung pada induknya, kurang lebih berumur satu bulan.
  3. Telur dierami sendiri oleh indukan derkuku dan pengasuhan piyik oleh indukan derkuku itu sendiri sampai piyik dapat makan sendiri dan tidak tergantung kepada induknya.

Harga Burung Derkuku

Sementara itu untuk harga burung derkuku tergolong sangat murah dan anda bisa saja memperolehnya dengan harga dibawah Rp 100 ribu untuk satu pasang. Burung derkuku lokal biasanya dijual dengan harga Rp 75 ribuan sedangkan yang paling mahal adalah kelantan dengan banderolnya mencapai Rp 500 ribu. Untuk lebih mudah disimak, kami tampilkan dalam tabel berikut di bawah ini :

Jenis Harga
Harga Derkuku Deruk Rp 100.000
Harga Derkuku Hutan Rp 50.000
Harga Derkuku Klantan Rp 500.000
Harga Derkuku Lokal Rp 75.000
Harga Derkuku Sinom Rp 100.000
Harga Derkuku Putih Rp 1.000.000
Harga Derkuku Hijau Rp 500.000

Demikian tadi informasi tentang cara merawat burung derkuku / tekukur dan juga tips perjodohan. Namun jika anda bingung dengan cara diatas bisa juga dengan bertanya kepada orang yang sudah berpengalaman supaya tidak terdapat kesalahan.

Source:

harga tekukur,burung derkuku,derkuku,harga burung tekukur,jual anakan derkuku,burung tekukur,harga burung derkuku,harga derkuku kuk 2,burung deruk,harga tekukur kuk 3

Harga Burung Derkuku / Tekukur Terbaru Oktober 2017 | Tia Nanda | 4.5