Membuat Burung Jalak Suren Gacor, Tips Dan Pilihan Makanan

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan dunia burung kicau mulai dari harga dan perawatan harian yang mungkin Anda butuhkan, Membuat Burung Jalak Suren Gacor, Tips Dan Pilihan Makanan.

Jalak Suren Gacor, Burung jalak suren merupakan burung mungil yang memiliki gacoran cukup merdu, burung ini memiliki beberapa jenis yang terdapat di alam liar dan salah satu yang dianggap terbaik adalah jalak suren jawa atau biasa dikenal juga dengan jalak suren. Selain itu ada juga jalak suren Malaysia atau Borneo dan burung jalak suren sumatera.

Sebagai salah satu burung kicau yang istimewa, burung jalak memiliki harga yang cukup mahal yaitu untuk yang masih remaja saja dibanderol Rp 600 ribuan perpasang sedangkan yang sudah dewasa bisa mencapai Rp 1,5 juta.

Baca juga: Burung Jalak Putih, Makanan Dan Cara Perawatan

Untuk memelihara burung jalak memerlukan ketelatenan dan perawatan yang rutin setiap hari supaya tidak mudah stress dan dapat berkembang biak dengan baik. Buat anda yang tertarik untuk memelihara burung jalak suren berikut saya berikan tips-tips tentang cara merawat jalak suren cantik tersebut :

A. Bibit Burung

Untuk mendapat bibit yang terbaik anda bisa memperolehnya dari penangkar atau bisa juga dari alam liar, untuk yang berasal dari alam liar memang lebih sulit untuk dijinakkan dan perlu adaptasi, namun jika sudah dari penangkar sudah pasti lebih mudah dirawat dan lebih cepat berkembang biak. Mulailah membiasakan kehadiran manusia di sekitar burung tersebut sehingga menjadi lebih cepat jinak.

B. Perawatan Harian

Untuk merawat harian sebenarnya bisa dibilang gampang-gampang susah, dimulai dari pagi hari anda bisa menjemurnya di bawah matahari langsung. Kemudian untuk pemberian pakan bisa dengan menambahkan makanan tambahan selain pakan pokok. Anda bisa memberi makanan seperti voer ayam atau lele yang memiliki vitamin tinggi. Selain voer, jalak suren gacor diberi makanan binatang kecil dan buah buahan sebagai berikut:

Jangkrik, berikan sebanyak 5 hingga 10 ekor setiap hari

Kroto, jangan terlalu banyak maksimal 3 kali dalam satu minggu

Cacing, burung jalak suren itu penyuka cacing. Berikan pada pagi hari setelah burung dimandikan tetapi jangan terlalu banyak.

Buah, buah buahan yang disukai jalak suren antara lain adalah pepaya, pisang dan apel. Jangan berikan buah-buahan terlalu sering, periodenya seperti pemberian kroto.

Kemudian bisa juga ditambahkan makanan serangga dan biji-bijian. Selain itu jika cuaca luar sedang panas disarankan untuk memandikan burung jalak tersebut dengan cara disemprot. Selain itu sebaiknya kandang berukuran besar sehingga burung tidak mudah stres atau bosan, dan juga kandang tersebut dibersihkan setiap hari.

C. Memandikan Burung

Di habitat aslinya burung jalak merupakan burung lincah yang sering mandi di sungai. Untuk itu anda juga bisa memandikan burung jalak tersebut dengan cara menyemprot menggunakan alat semprot, lalu digantung di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung.

  • Mandikan burung dengan metode semprot hingga basah kuyup
  • Setelah dimandikan dengan semprot, jemur hingga kering
  • Jangan lupa berikan vitamin untuk menjaga kebugaran burung

D. Memperdengarkan Master

Yang terakhir yaitu melakukan master dengan cara melalui burung lain atau bisa juga dengan memanfaatkan MP3. Untuk yang efektif lebih baik cara melatihnya saat sore hari atau ketika malam hari (saat burung tidak aktif / masa istirahat).

Source:

Burung jalak suren,jalak suren jawa,jalak suren gacor,jalak uren,suren,burung jalak,jalak uret,Burung jalak uren,makanan jalak suren,burung jalak suren jawa

Membuat Burung Jalak Suren Gacor, Tips Dan Pilihan Makanan | Tia Nanda | 4.5