Jenis Ikan Cupang Yang Cocok Untuk Di Budidayakan

Ikan Cupang atau Betta sp adalah ikan air tawar yang habitat aslinya ialah beberapa negara di Asia Tenggara, diantaranya Indonesia, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, serta Vietnam. Ikan ini memiliki bentuk serta ciri-ciri yang unik serta condong agresif dalam menjaga wilayahnya. Di Indonesia ada cupang asli, diantaranya ialah Betta channoides yang diketemukan di Pampang, Kalimantan Timur.

Demam Berdarah Merebak, Ikan Cupang Banyak Dicari Masyarakat Kediri
Di golongan fans, ikan cupang biasanya terdiri atas tiga kelompok, yakni cupang hias, cupang aduan, serta cupang liar. Ikan cupang ada yang diketahui dengan mouth breeder yakni ikan cupang yang mengerami telurnya di mulut dan ada pula yang membuat sarangnya dengan busa atau bublle nest. Ikan cupang salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam tempo lama hingga jika ikan itu diletakkan di wadah dengan volume air dikit serta tanpa alat perputaran udara atau aerator, ikan ini masih bisa bertahan hidup. Oleh oleh karena itu ikan cupang banyak disukai serta dijaga oleh beberapa golongan.

Ikan cupang memilki jenis-jenisnya dan mempunyai harga yang variasi. Mulai harga beberapa puluh ribu sampai beberapa puluh juta rupiah. Tersebut Liputan6.com kumpulkan type ikan cupang yang mahal serta memilki kekhasan semasing, Rabu (6/3/2019).

1. Ikan cupang plakat
Plakat adalah type ikan cupang aduan yang terbanyak di jual di market serta sering dicari. Plakat sendiri diambil dari bahasa Thailand yang berarti “tarung”. Konon, adat beradu ikan cupang aduan sendiri pada awalnya datang dari negara Thailand hingga ikan cupang aduan banyak diasumsikan dengan negara itu.

Read More : cupang plakat

Ikan cupang plakat memiliki ciri ciri sirip serta ekornya yang pendek. Warnanya sendiri tidak menonjol dengan tubuhnya lumayan besar serta kuat hingga benar-benar cocok untuk jadikan jadi petarung. Ikan ini akan bergerak benar-benar agresif jika lihat lawan di dekatnya. Harga ikan ini bervariatif dari mulai harga ikan cupang plakat anakan sekitar Rp 50.0000 sampai harga ikan cupang plakat juara yang sampai harga Rp 2.000.000 untuk satu ikan.

2. Ikan cupang giant
Ikan cupang Giant ini adalah persilangan dari beberapa jenis type cupang. Ikan cupang giant adalah panggilan untuk ikan cupang yang mempunyai tubuh yang tambah lebih besar dibanding cupang umumnya. Serta, ikan cupang giant ini ada yang panjangnya dapat sampai 10-15 cm.

Ikan cupang giant datang dari negara Thailand yang banyak diketemukan di sungai-sungai serta danau disana. Ikan cupang giant sangat pas untuk jadikan jadi ikan cupang aduan sebab tubuhya yang besar serta lebih agresif. Sebab ukurannya yang besar ini karena itu harga tambah mahal dari ikan cupang biasa. Untuk harga ikan cupang giant untuk anakan sekarang sekitar Rp 50.000 sampai ikan cupang giant juara petarung sekitar pada harga Rp 500.000 sampai Rp 1.000.000.

3. Ikan cupang double tail
Ikan cupang double tail kelihatan benar-benar seperti dengan cupang halfmoon yakni ikan cupang populer dengan panggilan bulan sepotong serta cukup populer. Perbedaannya, ikan ini mempunyai ekor yang terbelah atau bercagak dua. Sebab karakteristiknya itu ikan ini pada akhirnya dinamakan dengan double tail alias ekor ganda.

Ikan ini mempunyai macam warna yang cukup bermacam. Ikan ini cukup langka di market serta umumnya di jual pada harga yang tambah mahal dari type cupang yang lain. Serta apesnya ikan cupang double tail terhitung yang susah untuk dibudidayakan. Untuk harga ikan cupang double tail anakan sekitar antara Rp 100.000 serta untuk harga ikan cupang double tail juara sekitar antara Rp 2.000.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *