Langkah Mudah Mengatur Proses Perkawinan Burung Kenari

burung kenari diketahui serta disukai oleh penggemar burung sebab suara kicauannya yang merdu dan keindahannya. Keindahan serta suara merdu itu yang membuat burung kenari sudah jadi hewan peliharaan semenjak tahun 1400an. Burung kenari bukan burung yang pas jadi rekan bermain serta lebih baik kagum pada keindahannya dari jauh, tetapi hal itu tidak kurangi nilai burung kenari jadi burung peliharaan yang mengagumkan. Burung kenari memang habiskan umumnya waktunya ada di kandang, oleh karenanya buat Anda yang akan pelihara burung kenari semestinya sediakan kandang dengan ukuran yang lumayan besar buat mereka terbang dalam kandang.

Burung kenari dalam bahasa inggris ialah Canary bird. Sesuai namanya, burung kenari datang dari pulau Canary yang ada masuk dalam negara Spanyol serta terdapat di samudra Atlantik. Warna yang umum dari burung kenari ialah kuning. Sebab warna bulunya berikut, burung kenari jadi inspirasi basic dari pengerjaan tokoh kartun Tweety. Tetapi bukan sekedar kuning saja, ada juga warna merah-oranye, putih, merah muda, serta beberapa coklat. Dibanding dengan burung-burung umumnya, burung kenari adalah burung dengan ukuran kecil tetapi dapat hidup sampai 20 tahun.

Buat Anda yang ingin berternak burung, burung kenari adalah satu diantara burung yang cukup memberikan keuntungan untuk diternak. Walau burung individu, saat musim kawin, baik pejantan atau betina akan birahi untuk selekasnya kawin. Ini karena burung kenari jarang-jarang tertarik pada hal-hal lain tidak hanya kawin. Anda dapat mempunyai satu pejantan serta banyak betina, tak perlu beli sepasang-sepasang. Walau demikian, tidak tutup peluang , akan ada pasangan burung kenari yang tidak berpisah atau cuma setia pada satu burung saja.

Artikel Lainnya : burung kenari lokal anakan

Anda ingin berternak burung kenari tetapi tidak paham triknya, yuk ikutin saja langkah ternak kenari berikut ini.

1. Type kelamin burung kenari
Memperbedakan type kelamin pada binatang mamalia memang gampang, tetapi bagaimanakah cara memperbedakan type kelamin pada burung khususnya burung kenari? Buat Anda pemula dalam ternak burung kenari, sebelum Anda mengawali untuk berternak burung kenari, sebaiknya bila Anda berlatih terlebih dulu untuk memperbedakan mana yang jantan serta mana yang betina.

2. Umur burung kenari
Yang butuh Anda tahu apa burung kenari itu sedang dalam kondisi siap kawin atau birahi ataukah tidak.

3. Kandang untuk burung kenari
Seperti yang sudah diterangkan di atas jika burung kenari memerlukan ruangan luas untuk terbang, karena itu pilih sangkar yang sangat mungkin buat burung agar bisa terbang dari dahan ke dahan. Dalam step awal ternak, semestinya pisahkan burung jantan serta betina. Atau sangkar besar yang telah ada sekatnya untuk mempermudah perjodohan. Janganlah lupa untuk mempersiapkan tempat untuk makanan burung. Makan burung kenari umumnya biji-bijian. Juga bisa dikasih telur rebus.

4. Proses perjodohan burung kenari
Sebelum proses perkawinan, pasti harus diberi waktu buat jantan serta betina untuk sama-sama berteman. Triknya dengan mendekatkan kandang mereka. Beberapa ciri mereka berjodoh ialah burung kenari jantan akan menyuapi si betina walau ada di luar sangkar. Pejantan semakin lebih seringkali berkicau jadi tanda-tanda untuk merayu si betina.

5. Proses perkawinan burung kenari
Saat telah kelihatan jika mereka berjodoh, karena itu Anda dapat masukkan pejantan serta betina pada sebuah kandang yang sama. Triknya dengan masukkan burung kenari jantan ke sangkar burung kenari betina. Kerjakan hal itu saat sore hari. Sesudah dikumpulkan pada sebuah kandang, lihat apa mereka sama-sama menyuapi (seperti berciuman) ataukah tidak. Bila iya, karena itu sesaat mereka akan lakukan perkawinan. Biarlah dalam sangkar sampai pagi hari. Selanjutnya pisahkan kembali jantan serta betina pada jam 7-9 pagi.Ulangilah masukkan burung jantan ke kandang burung betina pada sore hari sampai betina bertelur. Jangan menjemur burung kenari betina yang telah bertelur, sebab akan mengakibatkan kerusakan telur kenari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *