Cara Merawat Burung Kacer Yang Benar

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan dunia burung kicau mulai dari harga dan perawatan harian yang mungkin Anda butuhkan, Cara Merawat Burung Kacer Yang Benar.

Cara Merawat Kacer – Selain burung lovebird, murai batu dan kenari, ada satu lagi jenis burung kicau yang cukup digemari di Indonesia yaitu kacer. Burung ini tidak hanya punya suara yang khas namun juga memiliki bulu sangat indah dan ekor yang unik. Burung kacer saat berkicau semua badannya akan bergoyang kemudian membuka semua sayap yang tentu saja terlihat sangat unik.

Meskipun banyak digemari namun merawat burung kacer cukup sulit dan tidak boleh dilakukan sembarangan. Burung ini juga terkenal agresif sehingga bagi yang berasal dari alam membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjinakkannya. Nah di kesempatan kali ini saya akan memberikan beberapa tips bagaimana cara merawat burung kacer yang benar dan tepat.

Cara merawat burung kacer :

• Sangkar

Sangkar adalah yang paling utama dan pastikan selalu dalam keadaan bersih supaya terhindar dari penyakit

• Pakan

Untuk soal pakan anda bisa memberikannya mulai dari jam 7 pagi dengan makanan utama seperti serangga serta diselingi voer

• Seting harian

  1. Perawatan harian burung ini dimulai dari pagi hari antara pukul 06.30 atau 07.00 dengan mengangin-anginkannya terlebih dahulu selama kurang lebih 15 hingga 30 menit.
  2. Setelah itu burung kemudian dibandingkan dengan disemprot hingga basah kuyup atau dengan menggunakan kerambah.
  3. Sambil burung dimandikan, anda bisa juga membersihkan atau memberikan perawatan untuk sangkar dan mengganti makanan serta minuman.
  4. Setelah dimandikan, burung kemudian dijemur selama kurang lebih 1 hingga 2 jam dan diberi extra food berupa jangkrik, bisa 3 hingga 5 ekor. Pemberian makanan ekstra menggunakan bantuan lidi maupun menggunakan tangan apabila sudah jinak.
  5. Saat menjemur burung, anda bisa menempatkannya di tempat yang ramai atau banyak dilalui orang agar burung terbiasa dengan manusia dan lebih mudah menjadi jinak.
  6. Setelah di jemur, burung kembali diangin-anginkan selama kurang lebih 10 hingga 15 menit.
  7. Setelah itu, burung bisa diistirahatkan atau diperdengarkan master untuk melatih suaranya. Saat istirahatkan, burung sebaiknya tidak dikerodong.
  8. Pada sore hari, dimulai dari pukul 15.30 atau pukul 16.00 anda bisa mengangin-anginkannya kembali sebelum dimandikan.
  9. Setelah memandikan burung, anda bisa memberikannya extra food berupa 3 hingga 5 ekor jangkrik, kroto atau yang lainnya. Kemudian dijemur dan diangin-anginkan kembali sebelum di istirahatkan pada malam hari.
  10. Pada malam hari misalnya menjelang magrib, anda bisa mengkrodong burung ini dan memperdengarkan master.

• Mencegah agar tidak mbagong

Supaya tidak mbagong anda bisa melatih menggunakan burung master lain setiap hari atau bisa juga memakai audio MP3 pada sore sampai menjelang malam

• Mastering

Dalam proses mastering yang paling tepat adalah ketika sore hari dan anda bisa menggunakan suara beberapa jenis burung. Sedikit tips untuk melatih suara dari burung kacer ini adalah lakukan pemasteran ketika kenari sedang beristirahat total, dengan begitu burung ini akan lebih fokus terhadap suara yang didengar dibandingkan ketika siang hari.

Baca juga : Tips Agar Burung Kacer Cepat Gacor

Itulah tadi cara-cara mudah merawat burung kacer yang benar dan tepat. Semoga informasi yang saya berikan tadi bisa bermanfaat buat anda terutama para pemula yang ingin memelihara burung berbulu cantik ini.

Source:

cara memandikan kacer yang benar,cara merawat burung kacer mu,hal apa saja yang tidak boleh dilakukan pada burung kacer,memelihara lovebird dan kacer,tip membedakan burung branjangan janta

Cara Merawat Burung Kacer Yang Benar | Tia Nanda | 4.5