Cara Ternak Murai Batu Yang Benar Untuk Pemula

Selamat datang di situs kami yang mengulas berbagai macam informasi terkait dengan dunia burung kicau mulai dari harga dan perawatan harian yang mungkin Anda butuhkan, Cara Ternak Murai Batu Yang Benar Untuk Pemula.

Penangkaran Murai Batu – Beternak burung kicau merupakan bisnis yang cukup menguntungkan karena setiap hari peminat dari burung kicau terus mengalami peningkatan. Nah dari sekian banyak burung yang dijadikan budidaya, nama burung murai batu adalah yang cukup dikenal. Burung ini memiliki suara yang sangat merdu sehingga tidak jarang menjadi juara di setiap kontes maupun perlombaan.

Selain itu bulu dari burung ini sangatlah indah dan cantik sehingga tidak mengherankan kalau harganya juga cukup tinggi. Beternak murai batu sebenarnya tidak begitu sulit karena cara merawatnya tidak jauh berbeda seperti burung kicau jenis lain. Untuk anda yang masih pemula beberapa hal yang harus anda perhatikan adalah kesabaran, ketelitian, ulet dan sedikit bakat.

Berikut cara beternak burung murai batu :

1. Pemilihan bibit

Bibit yang baik adalah yang memiliki kualitas bagus mulai dari kualitas suara dan juga bentuk tubuhnya. Untuk yang betina usia minimal 1 tahun serta sudah siap ber reproduksi, sedangkan pada jantan berusia minimal 2 tahun atau sudah cukup matang untuk kawin.

2. Pemilihan kandang

Pemilihan kandang juga arus tepat yaitu tidak begitu kecil namun juga tidak terlalu besar. Anda bisa membuat kandangnya dari kawat atau bambu.

3. Perawatan dan pakan

Setiap hari diangin-anginkan selama 30 menit lalu dimandikan dan kemudian dijemur, untuk makanan anda bisa memberikan kroto, jangkrik, telur tawon, belalang hijau dan ulat daun.

4. Pengembangbiakan

Dekatkan dalam kandang yang berbeda antara jantan dengan betina untuk perkenalan selama kurang lebih satu minggu. Kemudian selanjutnya di minggu kedua bisa anda satukan dalam sangkar untuk proses perkawinan.

5. Perawatan anakan burung

Setelah menetas dan berusia sekitar 7 sampai 14 hari anda bisa memberikan makanan seperti voer dan kroto yang sudah dicampur dengan air hangat. Berikan setiap 1 jam sekali selama 15 hari. Anda juga bisa memberikan pelet lele setelah anakan tersebut bisa makan sendiri.

Baca juga : Cara Ternak Lovebird Buat Pemula

Demikian tadi informasi yang saya berikan tentang bagaimana cara merawat dan beternak burung murai batu yang benar. Semoga info yang saya berikan bisa bermanfaat untuk anda terutama bagi yang masih pemula.

Source:

my pet burung murai

Cara Ternak Murai Batu Yang Benar Untuk Pemula | Tia Nanda | 4.5